Halaman

Rabu, 27 Mei 2015

TUTORIAL CODE IGNITER 3 REVIEW AND INSTALASI

Yee… Akhirnya Code Igniter siap-siap me-release versi terbarunya, yaitu versi 3.0. Mudah-mudahan bisa segera direlease.
Oleh banyak web developer Code Igniter awalnya dikhawatirkan akan mati karena Ellislab tidak sanggup melanjutkan pengembangan framework ini. Alhamdulillah akhirnya  British Columbia Institute of Technology bersedia mengambil alih project ini dan menyiapkan release berikutnya.
Beberapa issue memang masih ditemukan, mudah-mudahan issue-issue tersebut bisa segera diselesaikan dan bisa release sesegera mungkin. Kita bisa mengikuti perkembangannya di sini ya: https://github.com/bcit-ci/CodeIgniter.


Download yuk
Nah, Anda bisa mendownload Code Igniter 3 ini di www.codeigniter.com/download.

Installasi Code Igniter 3

Ada berbagai metode installasi Code Igniter, nah langkah-langkah yang dijelaskan di sini salah satunya. Sebelum melakukan installasi, pastikan kita telah memiliki web server yang sudah terinstall. Dalam tutorial kali ini, Anda akan menggunakan XAMPP.
Yuk kita mulai:
  1. Buat folder baru dengan nama ci3 di xampp/htdocs
  2. Copy dan Paste file Code Igniter 3 yang sudah Anda download ke folder xampp/htdocs/ci3
  3. Extract file tersebut. Nah biasanya akan terekstrak dalam folder tersendiri (dalam contoh ini terekstract di folder xampp/htdocs/ci3/codeigniter-develop)
  4. Lalu pindahkan semua file tersebut ke folder utama, yaitu xampp/htdocs/ci3
  5. Anda sudah selesai melakukan installasi





Kursus Code Igniter Depok

Konfigurasi config.php

Anda perlu melakukan konfigurasi file config.php yang ada dalam folder ci3/application/config. Buka file config.php tersebut, lalu pada kode $config[‘base_url’] = ”; tambahkan lokasi root folder sehingga menjadi $config[‘base_url’] = ‘http://localhost/ci3′;

Kursus Web Programming Depok 

Mengetes hasil installasi

Untuk mengetes hasil installasi, pastikan XAMPP atau web server sudah diaktifkan, lalu buka browser kemudian ketik alamat http://localhost/ci3. Jika sudah tampil seperi gambar di bawah ini berarti sudah berhasil melakukan installasi CI3.

Kursus Web Design Depok

sumber : http://javawebmedia.com/blog/tutorial-code-igniter-3-part-1-review-dan-installasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar