Install Centos 6 Perfect Server

Saat ini, saya sering menggunakan Redhat-based sebagai server. Ini hanya masalah selera saja hehe.. Debian-based juga bagus.
Saat tulisan ini ditulis, CentOS yang paling baru adalah CentOS 6.4
Jika saya ingin menginstall CentOS Server, saya pasti menggunakan CentOS minimal. Beginilah cara saya menginstall server berbasis CentOS

Instalasi dengan konfigurasi minimal

Saya menggunakan CentOS 6 minimal untuk instalasi. Berikut adalah langkah-langkah instalasi yang saya tulis sejelas mungkin :)
11. Pilih “Install or Upgrade an existing system”
22. Pilih “Skip” untuk melewati pengecekan secara fisik dari CD yang kita install
33. Klik Next
44. Pilih Inggris sebagai bahasanya
55. Pilih U.S English sebagai bahasa untuk Keyboard
66. Pilih Basic Storage Devices
77. Pilih “Yes, discard any data” untuk mulai menginstall pada harddisk
88. Masukkan nama server (hostname) yang diinginkan.
99. Di bagian “Configure Network”, lakukan Setting IP Address
Server biasanya menggunakan IP Address statik. Saya menggunakan IP Address 192.168.180.212/24
1010. Pilih “Asia/Jakarta” sebagai Regional Setting
1111. Masukkan password root
1212. Pilih Replace Existing Linux System(s), dan Centang “Review and modify Partitioning Layout”
Jika ini bukan merupakan Clean Install dari harddisk yang masih kosong, anda bisa sesuaikan kebutuhannya.